Bangun Sebuah Brand Dengan Manfaatkan Facebook Page

Manfaatkan Facebook Page untuk Membangun sebuah Brand

 

  Saat ini sudah banyak sekali brand ternama yang aktif membangun microsite. Dengan nama domain baru yang umumnya mengikuti nama program kampanyenya, brand membangun awareness-nya melalui situs yang sifatnya temporer. Umumnya fitur situsnya lengkap dengan game berhadiah, untuk memancing banyaknya pengunjung. Sekarang saat orang ramai bergabung dan bermain di dalam Facebook, masihkah relevan brand membangun sebuah microsite?

Jawabannya, tergantung dari tujuan membangun microsite itu sendiri. Kalau memang perlu mengeksposur brand ke konsumen, dan memberikan pemahaman tentang brand kepada konsumen, tentu microsite masih diperlukan. Namun, kalau tujuan membangun microsite itu adalah untuk membangun komunitas, maka lupakan membangun microsite, karena keberhasilannya akan kecil. Daripada bersusah payah mendatangkan orang untuk bergabung dalam komunitas sebuah microsite, kenapa tidak berpikir terbalik? Mengapa tidak microsite yang datang kepada komunitas?
Facebook Page menjadi salah satu alternatifnya. Yang membedakan fitur ini dengan fitur Facebook lainnya adalah, kita tidak perlu menjadi anggota Facebook untuk melihat kontennya. Semua halaman Facebook Page terindeks oleh Google, seperti situs-situs umum lainnya. Facebook Page memang didesain untuk publik, dan tidak terikat unsur privacy seperti Facebook Profile dan Facebook Groups. Facebook Page bebas dipakai untuk kebutuhan komersial, jadi brand apapun boleh memanfaatkannya.
Anggota Facebook yang tertarik dengan halaman tersebut bisa menjadi fan-nya. Meski menjadi fan dari sebuah Facebook Page, bukan berarti si pemilik halaman lalu bisa mengakses data pribadi para fan ya. Pengelola Facebook tentunya sangat berhati-hati akan hal ini.
Lalu apa saja fitur Facebook Page yang bisa dimanfaatkan oleh brand?

  • The Wall, standar fitur komentar yang dipakai oleh Facebook.
  • Discussion Board, forum diskusi sederhana. Jadi ingat, dulu ada beberapa brand mencoba membangun forum di microsite-nya tapi kenyataanya sepi pengunjung.
  • Notes, semacam mini blog, yang bisa diadaptasi untuk penyampaian berita dan liputan.
  • Events, kalau brand punya kegiatan offline, manfaatkan fitur ini untuk mengingatkan para fan-nya.
  • Photos, berupa galeri foto yang bisa dikirimkan oleh pemilik halaman, maupun para fan.
  • Video, berupa galeri video yang bisa dikirimkan oleh pemilik halaman, maupun para fan.
  • Flash Player, dimana pemilik halaman bisa memasang file Flash, misalnya memasang advergame.
  • Music Player, bila pemilik halaman adalah artis, ia bisa memasang track lagunya di sini.
  • Reviews, berupa fasilitas review untuk promosi film.
  • Static FBML, untuk hal-hal lainnya, misalnya brand ingin menaruh tautan unduhan wallpaper, atau bentuk halaman statis lainnya.
  • Masih kurang puas? Bisa manfaatkan aplikasi pihak ketiga yang sudah ada dan siap pasang. Kalau masih belum puas juga, bisa juga membuat aplikasi Facebook sendiri yang bisa dipasang di Facebook Page.


Meski fitur Facebook Page lengkap, bukan berarti keberadaan microsite menjadi hilang. Ada batasan-batasan tertentu dalam melakukan branding Facebook Page. Kita hanya bisa mendesain sebatas yang diberikan oleh aturan Facebook. Jelas Facebook juga nggak ingin branding-nya hilang, seperti profil-profil anggota di Friendster atau MySpace yang terlihat berantakan tata letaknya.
Tidak semua kampanye online juga cocok dilakukan dengan Facebook Page, karena ada batasan fleksibilitas, dibandingkan kita membuatnya sendiri di situs terpisah. Namun yang bisa kita lakukan adalah membuatnya agar saling melengkapi. Bisa jadi Facebook Page ini menjadi salah satu gerbang masuk ke microsite. Facebook Page menjadi kendaraan awareness awal untuk mereka yang menjadi anggota Facebook. Saat mereka tertarik dengan info di Facebook Page, bisa jadi mereka akan langsung mendatangi microsite untuk membaca info atau berinteraksi yang lebih detil di sana.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s